Elearning Rakyat

E-LEARNING


Alat 

  • Website E-learning

Tujuan

  • Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan E-learning
  • Mahasiswa mampu menganalisa sebuah website pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisa teknologi apa yang dipakai dalam website tersebut

Dasar Teori


        E-learning merupakan singkatan dari Electronic Learning, merupakan cara baru belajar mengajar dengan menggunakan media elektronik, khususnya seperti internet sebagai sistem pembelajaran. E-learning merupakan konsekuensi logis dari dasar dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.


        E-learning dalam arti luas mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning juga dapat dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya dengan menggunakan mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan khusus atau keahlian di masyarakat luas (biasanya gratis).

     E-Learning memungkinkan materi  pembelajaran dapat tersampaikan kepada siswa tanpa adanya proses pembelajaran yang terbatas di dalam sebuah ruang. E-learning berkembang sangat pesat dari masa ke masa  sehingga menjadikan kegiatan pembelajaran jauh lebih mudah, lebih efektif, dan efisien.Keberhasilan program e-learning ditunjang oleh beberapa konsep yaitu perangkat teknologi informasi, perencanaan, administrasi, manajemen dan ekonomi yang memadai.  Perlu juga diperhatikan peranan dari para fasilitator, dosen, staf, cara implementasi, cara mengadopsi teknologi baru, fasilitas, biaya, dan jadwal kegiatan. Metode penulisan artikel yang penulis gunakan adalah studi literatur atau kajian pustaka.


Langkah Kerja


  • Mencari website E-learning
  • Menganalisa website tersebut, meliputi teknologi yang digunakan pada website, target user, manfaat pembelajaran, interaktif atau tidaknya website tersebut, dan assesment yang ada pada website. 

Analisa



Gambar 1

      Website E-Learning Rakyat merupakan website yang menjadi sumber pembelajaran bagi pengajar, dosen, mahasiswa, siswa, ataupun masyarakat yang ingin belajar langsung pada website ini. 

   Website ini menyediakan beberapa pembelajaran terkait dengan jarkom, Streming, Rasberry-Pi, dan OS. Pada website setelah mendaftarkan diri, login. Kita akan menjadi participants, di dalam courses yang kita inginkan. Sehingga para participants yang lain yang juga ikut tergabung di dalam courses itu dapat kita kirimi sebuah pesan untuk sekedar berkenalan atau berdiskusi masalah pembelajaran tersebut. 

     Website ini juga menyediakan layaknya cloud untuk kita mengupload file sendiri pada profil kita dan menyimpannya sebagai sebuah privat file yang hanya bisa dibukak oleh penggunanya sendiri. Kita juga bisa mengepos sebuah diskusi atau pertanyaan pada forum diskusi umum, yang nantinya jika kita sering membuat pos maka kita akan memperoleh penghargaan (badges). 


Gambar 2

     Website ini dilengkapi dengan courses dengan fitur interaktif maupun non interaktif. Interaktif yaitu berupa kuis dan yang non interaktif adalah berupa PDF atau File. Semua file dapat di download sehingga langsung dapat dipelajari. File PDF tersebut dapat di download jika seorang pengguna sudah mendaftar dan masuk pada website ini. 
Gambar 3


      Website ini juga dilengkapi dengan fitur assesment yaitu setelah kita mengerjakan kuis kita akan tahu nilai kita dan progress setiap menjawab pertanyaan di website tersebut sehingga nilai akan keluar setiap kita selesai mengerjakan kuis, yang nantinya kita tahu kemajuan kita dalam hal mengerjakan kuis tersebut.

Teknologi

HTML, CSS, JS, PHP My SQL

Target User 

Pengajar, dosen, mahasiswa, siswa dan umum

Manfaat 

Membantu dalam pembelajaran dan berdiskusi dengan permasalahan Jarkom, Rasberry,Streaming,OS yang menyediakan forum diskusi langsung.

Interaktif 

Interaktif (Kuis) Non-Interaktif (PDF)

Assesment 

Ada

Kesimpulan 

          Pada pembelajaran kali ini, penulis mengerti mengenai apa arti E-Learning dengan menganalisa salah satu hasil produk E-Learning secara detail sekaligus mencoba beberapa fitur didalamnya. Diharapkan hal ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan E-Learning pada pembelajaran berikutnya.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author